Resep SEO Untuk
Toko Online>>>>>SEO (Search Engine
Optimization) merupakan salah satu metode pemasaran online yang masih
menjadi perhatian hingga sekarang. Pada dasarnya SEO membuat mesin pencari
seperti Google lebih mudah untuk mengindeks website kita. Pada artikel ini kita
akan membahas teknik dasar dari SEO dan mengaplikasikannya kedalam toko online
Anda.
Namun sebelum kita mulai Ada baiknya Anda
tahu bahwa Google memiliki 200 variabel yang biasa disebut sebagai: search
signals untuk menentukan posisi website Anda di halaman hasil
pencarian mereka. ke-200 signal ini memberikan semacam “bobot” atau penilaian kepada website Anda dan
berdasarkan penilaian tersebut, Google mengambil keputusan apakah website
dimana posisi website Anda terhadap kompetitor Anda terhadap suatu kata
kunci. Sementara yang saya jabarkan disini hanya sebagian kecil search
signals yang akan dibaca oleh Google. Intinya adalah: mengaplikasikan
teknik dasar SEO berikut ini TIDAK MENJAMIN website Anda akan muncul di halaman pertama (atau kedua) Google. Namun
tetap akan membantu Anda menjaring target pasar yang sesuai.
SEO pada dasarnya terbagi menjadi 2 bagian
besar: on-page SEO dan off-page SEO. Perbedaannya adalah:
On-page SEO: Adalah teknik SEO yang mengoptimalkan halaman website kita sendiri
sehingga membuatnya menjadi mudah untuk diindeks oleh Google atau sering
disebut halaman web yang Google Friendly. Teknik ini banyak membahas bagaimana
mengaplikasikan kata kunci yang tepat kedalam website Anda. Walaupun konon kabarnya On-page
SEO memiliki bobot tidak sebesar Off-page SEO namun
tidak ada salahnya Anda menguasai terlebih dahulu teknik dasar ini.
Off-page SEO: Adalah sebuah teknik untuk membuat website lain membantu
kita dalam mendapatkan bobot nilai halaman web yang lebih baik
di Google. Google menilai penting atau tidaknya sebuah halaman web dari banyaknya link yang mengarah
kembali ke halaman tersebut. Semakin banyak dan semakin berbobot website yang
mengarah balik ke Anda,
Semakin bagus peringkat Anda di Google. Google menyebut metode penilaian seperti ini dengan: Page Rank (dari nama salah satu pendirinya: Larry Page.)
Artikel ini hanya akan membahas teknik
dasar On-page SEO.
Untuk toko online seperti YukBisnis, pada
dasarnya ada 2 jenis halaman yang harus Anda perhatikan: halaman toko online
dan halaman produk. Ini detail dari keduanya:
Tugas Anda selanjutnya adalah sederhana.
Anda tinggal mengoptimalkan kata kunci pada beberapa kolom yang sudah tersedia
di kedua halaman tersebut diatas. Anda sudah siap? Mari kita mulai.
1. Menentukan Kata Kunci Yang Sesuai Untuk Bisnis Anda
Setiap bisnis memiliki nilai jual
masing-masing. Tugas Anda adalah menemukan nilai jual yang unik dari bisnis
Anda dan menentukan kata kunci yang cocok untuk Anda berdasarkan nilai jual
yang unik tersebut. SEO adalah program jangka panjang, Anda mungkin harus
bereksperimen dengan berbagai variasi kata kunci hingga Anda menemukan kata
kunci yang paling sesuai untuk toko online Anda. Jangan harapkan hasil satu malam untuk suatu
kata kunci.
Setelah Anda menemukan kata kunci yang
sesuai, cek apakah kata kunci tersebut sering digunakan oleh target pasar Anda.
Anda bisa menggunakan beberapa aplikasi kata kunci gratis yang banyak tersedia
di internet. Kata kunci ini akan Anda gunakan untuk bagian meta
title dan meta description yang akan kita bahas
setelah ini.
2. Nama Bisnis, Nama Produk Dan Meta Title
Judul adalah hal pertama dan salah satu
elemen terpenting yang akan diindeks oleh Google. Ada 2 jenis judul yang akan
ada disemua halaman toko online Anda:
1.
Judul Utama adalah judul yang dapat Anda lihat dengan mudah dihalaman bisnis/
produk. Judul utama akan berdampak ke URL atau halaman website Anda. Untuk
halaman toko online Anda, judul utama adalah apa yang Anda
tulis di kolom “Nama Bisnis” pada menu pengaturan sesuai gambar diatas. Untuk
halaman produk, judul utama adalah apa yang Anda isi pada kolom “Nama Produk.”
2.
Meta Title adalah apa yang dilihat oleh Google. Cara paling mudah melihat Meta
Title Anda adalah melalui bagian atas browser Anda. Perhatikan gambar
dibawah ini
3. Deskripsi Dan Meta Description
Sama seperti layaknya judul, deskripsi
adalah penjelasan bisnis atau produk Anda, sedangkan Meta
Description Adalah deskripsi yang bertujuan agar Google mudah
meng-indeks deskripsi produk atau bisnis Anda. Anda akan menemukan kolom
untuk Meta Title dan Meta Description pada bagian bawah halaman bisnis dan halaman produk Anda.
4. Optimasi Toko Online
Setelah Anda paham ketiga elemen dasar
tersebut, berikut ini adalah beberapa point optimasi yang dapat Anda lakukan:
- Selalu tuliskan kata kunci pada bagian awal
kalimat.
- Tuliskan kata kunci pada bagian Meta
Title paling tidak SATU KALI pada bagian awal. Sebagai contoh:
jika kata kunci Anda: “Aksesoris Blackbery” maka format penulisan Meta Title yang
baik adalah: “Aksesoris Blackbery | [Nama Toko atau merek]. Jadi jika nama
toko Anda: “Juragan Aksesoris,” Maka rekomendasi Meta Title untuk toko online Anda adalah:
“Aksesoris Blackbery| Juragan Aksesoris.”
- Tuliskan kata kunci secara menonjol pada awal
deskripsi produk atau toko online.
- Anda dapat menuliskan kata kunci hingga 2-3 kali
jika deskripsi produk Anda cukup panjang.
- Jika memungkinkan, tuliskan kata kunci paling
tidak SATU KALI pada URL.
- Tuliskan kata kunci SATU KALI pada bagian
awal Meta Description. Walaupun konon kabarnya hal ini
tidak mempengaruhi peringkat Anda di Google, namun memiliki Meta
Description Yang baik, akan lebih menarik orang lain untuk
meng-klik toko Anda. Hal ini juga akan membantu jika Anda menggunakan
Facebook untuk mempromosikan produk Anda.
- Tuliskan kata kunci Anda didalam nama file foto
yang akan Anda upload ke
toko online Anda. Contoh nama yang tidak baik:
112gjah.jpg. Editlah namanya sehingga menjadi mudah dibaca seperti:
aksesoris-ipad-cover.jpg.
- Setelah beberapa waktu, lihatlah hasilnya. Apakah
Anda membidik target pasar yang tepat? Jika Anda merasa belum, ulangi lagi
eksperimen Anda.
5. Beberapa Hal Yang Harus Anda Hindari
Berikut ini adalah beberapa hal yang harus
Anda hindari dalam mengoptimalkan toko online Anda:
- Menulis deskripsi untuk Google. Ini
adalah kejadian yang umum sekali terjadi. Seringkali kita temukan
deskripsi produk yang sulit sekali kita mengerti apa maksudnya. Hal ini
karena sang pemilik toko ingin agar toko online-nya mudah diindeks oleh
Google sehingga tidak memperdulikan struktur kosa kata bahasa Indonesia
yang benar. Tulislah untuk manusia, untuk pembeli Anda. Setelah Anda membuat
deskripsi yang menjual, Anda baru dapat mengoptimasi deskripsi Anda agar
tetap memiliki komposisi kata kunci yang seimbang.
- Memenuhi toko online Anda
dengan kata kunci. Tingkat kepadatan kata kunci tidak berpengaruh
besar terhadap hasil pencarian. Sebaliknya, memenuhi toko online Anda
dengan kata kunci akan membuka peluang toko online Anda
tersingkir dari Google.
- Tidak sabar. Seperti yang saya tulis
diatas, jangan mengharapkan hasil optimasi Anda akan muncul dalam satu
malam.
- Hanya mengandalkan SEO. Ini
juga sangat umum terjadi. SEO adalah BAGIAN DARI PEMASARAN ONLINE. Banyak
teknik pemasaran lain yang tetap harus Anda jalankan meskipun website Anda
muncul di peringkat pertama hasil pencarian di Google agar bisnis Anda
bisa melesat.
- Tidak fokus. Anda
tidak akan bisa muncul di Google dalam semua kategori, kata kunci yang
Anda pilih harus fokus ke target pasar yang menurut Anda akan langsung
tertarik dengan produk Anda.
- Mengutamakan Merek. Merek
atau brand memang penting dalam bisnis. Namun jika merek
Anda belum banyak dicari oleh orang lain, jangan letakkan merek atau nama
toko Anda sebelum kata kunci yang Anda tuju. Banyak tempat untuk
memperlihatkan merek Anda seperti di profile picture.
Inilah resep dasar SEO untuk toko online Anda. Jika Anda masih memiliki pertanyaan, kami menyediakan forum khusus SEO untuk toko online yang bisa Anda akses dialamat ini:
SEMOGA BERMANFAAT
=====
yang masih belajar tentang kehidupan
yang masih belajar tentang kehidupan
0 komentar:
Posting Komentar